Minggu, 11 Mei 2014




Siapa sih yang gak kenal sama Bali?? Satu satunya pulau di Indonesia yang sudah sangat mendunia, hampir semua wisatawan dari seluruh dunia sudah pernah singgah di dunia, bahkan seorang super model Tyra Banks yang merupakan produser Amerikan Next Top Model (ANTM) di salah satu episode nya menyebutkan kalo Bali merupakan salah satu pulau yang sangat indah di dunia, bahkan beberapa episode terakhir sampai dengan final, shooting di pulau yang selalu di sebut dengan pulau seribu pura tersebut.
Daann... siapa bilang ke Bali harus mengeluarkan uang banyak? Pergi kesana pun bisa menggunakan budget yang terjangkau, asal kita rajin-rajin aja untuk selalu googling di internet mengenai harga tiket (kalo bisa yang promo ya..), hotel/penginapan yang murah dan tentunya transportasi yang memadai. So, lets go!!

Trasnportasi menuju kesana 
Banyak kok maskapai di Indonesia yang sering menawarkan promo dari Jakarta-Denpasar-Jakarta, tentunya dengan syarat dan ketentuan yang berlaku, tips nya sih ke Bali jangan pas high season yak, selain tiket PP yang mahal, banyak juga hotel/penginapan yang penuh. Jadi biar dapet harga tiket yang murah lebih baik langganan informasi dari maskapai-maskapai, terutama tentang promo-promo nya. 

Hotel/Penginapan 
Trus, kata siapa di Bali adanya cum hotel bintang lima atau vila-vila, komunitas backpacker di Indonesia banyak tuh yang ngebahas tentang penginapan yang murah, salah satunya yaitu Popies lane adalah sebuah Lorong atau gang kecil di sebuah jalan yang sangat terkenal seantero jagat dunia karena night life-nya, dan karena merupakan tujuan utama para backpacker/budger traveler. Semua itu karena penginapan murah dan bersih, juga lokasi poppies lane sendiri dekat dengan Pantai Kuta, yang kurang lebih sekitar 5 – 10 menit jalan kaki.
 

Kuliner  
Selalu ada restoran baru dibuka di Bali, baik berupa waralaba ataupun yang berdiri sendiri. Tidak heran kalau Bali menjadi surga kuliner bagi travelers, baik domestik maupun mancanegara. Tapi, mungkin kamu sedikit bosan mencicipi masakan ala restoran yang tidak jauh beda dengan yang ada di kota kamu masing-masing. Atau, kamu ingin mencoba menikmati makanan layaknya warga lokal Bali? Hm, tidak ada salahnya kamu menyimak rekomendasi PegiPegi seputar makanan khas Bali yang lezat dan murah meriah. 
1. Nasi Bali Men Weti
Nasi campur khas Bali ini kabarnya sudah melegenda berkat kelezatan rasanya. Berlokasi di tepi Pantai Sanur, tepatnya Jl. Segara Ayu Sanur, warung yang dikenal sebagai Nasi Pantai, ini memang wajib dikunjungi selama berada di Bali. Untuk menikmati seporsi nasi campur Bali ini, kamu cukup mengeluarkan uang sebesar Rp15.000 lho! Dan, satu hal lagi, bagi kamu yang Muslim, kamu tidak perlu khawatir dengan makanan ini karena Nasi Bali Men Wati 100 persen halal.

2. Nasi Jinggo
Kalau Jawa dan Jakarta punya nasi kucing, maka Bali punya nasi jinggo sebagai makanan favorit yang murah meriah. Seperti nasi kucing, porsi nasi jinggo juga terbilang kecil meskipun cukup untuk mengganjal perut saat kelaparan. Dijual dengan harga mulai dari Rp3.000 hingga Rp7.000, nasi jingo terdiri dari nasi putih ditambah lauk berupa telur, daging ayam atau sapi, serta sambal yang pedas. 

3. Lawar
Lawar tidak bisa dipisahkan dari masyarakat Hindu Bali. Karena selain menjadi lauk pauk, lawar juga merupakan menu makanan khas yang disajikan saat melaksanakan upacara adat maupun keagamaan seperti upacara pernikahan, kematian dan upacara di pura-pura.. Untuk menikmati kelezatan lawar, kamu cukup merogoh kocek Rp15.000 hingga Rp20.000 per porsi.  

4. Nasi Ayam Kedewatan Ibu Mangku
Seperti halnya nasi campur dan lawar, nasi ayam kedewatan adalah makanan yang dijual luas di Bali. Tapi, konon, yang paling ramai dikunjungi adalah Nasi Ayam Kedewatan Ibu Mangku yang terletak di Jalan Kedewatan, Ubud. Nasi ayam kedewatan sendiri adalah hidangan sejenis nasi campur berisi daging ayam yang disajikan bersama telur, lawar, sate lilit dan sambal matah. Harga untuk menikmati seporsi Nasi Ayam Kedewatan Ibu Mangku sendiri terbilang sangat terjangkau, yaitu Rp17.000. Hm, makin menggiurkan ya?

5. Sate Lilit Ikan Tenggiri Pasar Sukawati
Ini juga merupakan makanan khas Bali yang tidak boleh dilewatkan. Ada banyak ragam versi sate lilit, mulai dari ayam, sapi, ikan tuna bahkan babi. Kamu bisa menemukan salah satu sate lilit lezat ketika berkunjung ke Pasar Sukawati di Gianyar, yaitu Sate Ikan Pak Nyoman, walaupun nama penjual sebenarnya adalah Pak Komang. Sate ini istimewa karena dilengkapi dengan sambal kuah kunyit dan tipat (ketupat) atau nasi tela (nasi campur ketela rebus yang dicacah kecil-kecil).

6. Ayam Betutu Men Tempeh
Bicara soal masakan khas Bali tentunya tidak afdol kalau tidak menyebut ayam betutu.. Tapi, yang patut kamu coba adalah Rumah Makan Ayam Betutu Men Tempeh yang sudah eksis sejak tahun 1976, terletak di Terminal lama Pelabuhan Gilimanuk. Seporsi ayam betutu ditambah nasi dan sayur dibanderol dengan harga Rp28.000.


Transportasi di Bali
Terus, transportasi apa yang akan digunakan disana kalo pengen keliling bali tanpa harus mengeluarkan budget yang sangat tinggi untuk sewa mobil? Salah satu alternatif yaitu sewa motor, enis motor yang disewakan bervariasi mulai dari motor manual, matic, hingga motor sport seperti Ninja. Pilihlah sesuai kebutuhan serta keinginan Anda. Tarifnya bervariasi sesuai dengan jenis motornya. Biasanya, tarif sewa motor ini berlaku untuk 24 jam, harganya pun bisa lebih murah kalau menyewa motor dalam jumlah banyak atau untuk jangka waktu yang lebih lama. Berikut gambaran besarnya tarif standar sewa motor di Bali:
Honda Supra 50ribu/hari (24jam)
Yamaha Mio 50ribu/hari
Honda Vario 50rb/hari
Vario Techno 85ribu/hari
Vario 125 85ribu/hari
Ninja 399ribu/hari
Ada beberapa penyedia jasa sewa motor yang bisa Anda hubungi:
BingBali (0361) 499295
SewaMobilBali (0361) 8047474
RentalMotorBali (0361) 8875678

Atau jika kalian males untuk sewa ini itu, trus sibuk nyari tempat mau kemana, ada banyak paket wisata murah yang ditawarkan disana, dengan kata murah pasti ada plus minusnya, salah satu paket wisata yang tergolong cukup murah di Bali buka aja Puri Indah Bali 
so... have a nice holiday di Bali..cukup menarik kan??? :)

By. Maya Ciptaningtyas (dari berbagai sumber)

0 komentar:

Posting Komentar