Jumat, 06 Juni 2014

Untuk memperkirakan budget perjalanan traveling, kita harus membagi budget dalam tiga kriteria, yaitu:

TRANSPORTASI 
Budget transportasi mencakup tiket pesawat dan transportasi dalam kota. Carilah perkiraan seluruh biaya transportasi terlebih dahulu dengan cara berikut ini:
  1. Totalkan semua harga tiket transportasi. Untuk mendapatkan informasi tersebut kita bisa browsing via google. Tidak perlu langsung booking, yang penting tahu harganya dulu.
  2. Jangan lupa untuk mencari informasi tentang alternatif yang mungkin lebih murah dibandingkan naik pesawat.
AKOMODASI
  1. Kumpulkan informasi penginapan mana saja yang sesuai dengan budget, misalnya ingin traveling ke Kuta, Bali, maka bisa googling dengan keyword "penginapan murah di Kuta" atau "recommended hostel in Kuta". Gunakan dua jenis bahasa untuk mencari opini dari turis lokal dan turis asing.
  2. Carilah hostel lewat website penyedia jasa booking online, seperti hostelworld.com, hostelbookers.com, dan lain-lain. Disini kita bisa memilih hostel yang sesuai dengan kebutuhan. Kemudian totalkan biaya akomodasi yang disesuaikan dengan berapa hari kita menginap.
MAKANAN
Hal ini mencakup konsumsi makan dan minum selama perjalanan. Budget makan juga harus kita tentukan. Biasanya secara kasar saya batasi sehari Rp 50.000 sudah termasuk makan pagi, siang, malam, dan cemilan.
Tapi hal ini juga tergantung negara yang kita akan datangi, alangkah lebih baik mencari informasi tentang biaya hidup sehari-hari di tempat yang akan kita tuju. Salah satu contoh perkiraan biaya hidup di berbagai negara bisa lihat di “Budget Travel Costs of 94 Cities around the World" oleh Go Budget Travel.

DOKUMEN PERJALANAN
Setelah ketiga budget utama itu berhasil kita dapatkan, sekarang kita harus mencari informasi tentang biaya pembuatan dokumen-dokumen yang diperlukan (apabila kita berencana keluar negeri).
Setelah semua budget jalan-jalan tercatat dan terhitung secara kasar, lebihkan sekitar 30 persen untuk dana cadangan. Anda tentunya tidak mau liburan Anda berantakan karena kekurangan uang di tengah perjalanan bukan?
Sumber: Herajeng Gustiayu|http://www.backpackersindonesia.com/2011/02/tips-memperkirakan-budget-wisata.html

1 komentar:


  1. Butuh tas yang bikin kamu keren sewaktu lagi traveling atau melakukan kegiatan diluar rumah??? Cek aja website kami di...

    www.elyoner.com

    Thank you..and happy shopping
    :)

    BalasHapus